Dengan mendownload file ini, anda akan mendapat contoh-contoh soal UT jurusan Perpustakaan dari semua mata pelajaran, seperti:
- Dasar-dasar Dokumentasi
- Pengantar Kearsipan
- Pengolahan Bahan Pustaka
- Perpustakaan dan Kepustakawanan
- Pengelolaan Terbitan berseri
- Dll
Klik dan download soal anda dibawah ini, dan nikmati sepuasnya.
(Jika anda mengalami kendala saat mendownload, jangan putus asa. coba lagi sampai bisa. kalau benar - benar tidak bisa lagi didownload setelah dicoba berkali - kali, konfirmasikan kepada kami lewat nomor contact kami dibawah)
Ini adalah salah satu contoh soal Perpustakaan, mata pelajaran "Pelayanan Bahan Pustaka"
- Dasar-dasar Dokumentasi
- Pengantar Kearsipan
- Pengolahan Bahan Pustaka
- Perpustakaan dan Kepustakawanan
- Pengelolaan Terbitan berseri
- Dll
Klik dan download soal anda dibawah ini, dan nikmati sepuasnya.
(Jika anda mengalami kendala saat mendownload, jangan putus asa. coba lagi sampai bisa. kalau benar - benar tidak bisa lagi didownload setelah dicoba berkali - kali, konfirmasikan kepada kami lewat nomor contact kami dibawah)
Ini adalah salah satu contoh soal Perpustakaan, mata pelajaran "Pelayanan Bahan Pustaka"
Pilih Jawaban Yang Paling Tepat
1. Ditinjau dari segi kebutuhan pemakai, maka tujuan
penyelenggaraan layanan perpustakaan adalah. . .
A. Agar bahan pustaka yang disediakan perpustakaan dapat
dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai
B. untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi pemakai
C.keseragaman, keadilan dan pemerataan kesempatan penggunaan
perpustakaan bagi seluruh pemakai
D.memiliki petugas layanan yang penuh perhatian, ramah, dan
bersifat membimbing pemakai
2. Layanan ruang baca disediakan oleh suatu perpustakaan
untuk mengantisipasi pengunjung perpustakaan untuk. . .
A. membaca buku di tempat atau bagi pemakai perpustakaan
yang tidak dapat meminjam bahan pustaka
B. menerima informasi dari berbagai sumber informasi tanpa
harus datang ke perpustakaan
C. mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai bidang
minatnya
D. pertemuan para pengunjung atau tempat berdiskusi
3. Perpustakaan menyediakan layanan fotokopi dengan tujuan
untuk . .
A. memudahkan pemakai
dalam mendapatkan buku-buku dengan harga lebih murah
B. Untuk meningkatkan keterpakaian koleksi yang tidak dapat
dipinjam
C. pemakai tidak perlu memanfaatkan ruang baca karena dapat
membawa hasil fotokopi untuk dibawa pulang
D. layanan ini disediakan untuk pemakai yang sebetulnya
dapat meminjam koleksi perpustakaan untuk dibawa pulang
4. Layanan perpustakaan yang disediakan untuk membimbing
pemakai baru dalam menggunakan seluruh fasilitas, sumber informasi, dan agar
pemakai mengetahui peraturan dan tata tertib yang ada di perpustakaan, adalah.
. .
A. Layanan Kesiagaan
Informasi
B. Layanan Referens
C. Layanan Pendidikan
Pemakai
D. Layanan Sirkulasi
5. Layanan Perpustakaan Keliling biasanya disediakan oleh. .
.
A. Perpustakaan Umum
B. Perpustakaan Sekolah.
C. Perpustakaan
Khusus
D. Perpustakaan
Perguruan Tinggi
6. Dalam sistem tertutup, setelah pemakai menelusur bahan
pustaka yang dibutuhkan melalui katalog maka langkah selanjutnya adalah. . .
A. meminta ijin kepada petugas untuk memasuki ruang koleksi
agar bisa langsung mengambil sendiri koleksi tersebut
B. mencatat nomor panggil dan atau judul dokumen; untuk
diserahkan kepada petugas untuk diambilkan dokumen yang dimaksud
C. melakukan browsing langsung ke jajaran koleksi
D. Memesan fotokopi melalui petugas
7. Salah satu cara yang efektif bagi perpustakaan yang
menerapkan sistem layanan terbuka dalam menekan kesalahan letak dokumen dalam
jajaran adalah. . .
A. Mengadakan
pelatihan penjajaran dokumen secara benar bagi pemakai
B. Mengadakan
pelatihan penjajaran dokumen secara benar bagi petugas
C. Membuat rambu
peringatan/ larangan bagi pemakai untuk meletakkan bahan pustaka kembali ke
jajaran koleksi di rak
D. Menyiagakan
petugas layanan di setiap rak untuk mengamati dan memperingatkan pemakai untuk
tidak meletakkan kembali bahan pustaka secara langsung ke rak
8. Sosialisasi mengenai Peraturan dan Tata tertib
Perpustakaan kepada anggota perpustakaan baru dapat dilakukan melalui . . .
A. layanan
pendidikan pemakai
B. Seminar
C. Bedah buku
D. Orientasi
mahasiswa
9. Hal yang tidak penting dan tidak perlu dicantumkan
dalam peraturan dan tata tertib yang
perlu dicantumkan. . .
A. Jam buka
perpustakaan
B. Sanksi bila
peraturan dilanggar
C. Peraturan
peminjaman dan perpanjangan peminjaman
D. lamanya
berkunjung di perpustakaan
10. Agar pemakai dapat memanfaatkan koleksi seoptimal
mungkin merupakan salah tujuan dari kegiatan. . .
A. Layanan referens
B. Layanan sisrkulasi
C. Pengolahan bahan pustaka
D. Layanan teknis
11. Bagian manakah di perpustakaan yang melayani pemakai
yang ingin mendatarkan diri sebagai anggota perpustakaan. . .
A. Layanan Kesiagaan
Informasi
B. Layanan Referens
C. Layanan
Pendidikan Pemakai
D. Layanan
Sirkulasi
12. Variasi dari sistem buku besar adalah. . .
A. Sistem Hastawi
B. Sistem Book
Issue Card
C. Dummy sistem
D. Sistem Kartu
Besar
13. Tujuan penggunaan kartu anggota sebagai variasi dari
sistem Book Issue card adalah.
A. Untuk mencatat
pesanan peminjaman bila angota lain bermaksud meminjam bahan pustaka yang masih
dalam status pinjam
B. Untuk mengetahui
buku apa saja yang dipinjam seorang siswa
C. Sebagai identitas
anggota yang dapat meminjam koleksi perpustakaan
D. Sebagai pengganti
(tanda) buku yang sedang dipinjam
14.Dalam sistem ini,
tiap anggota akan menerima 1 (satu) kartu anggota yang terbuat dari
plastik. Di bagian atas kartu tertera nama dan alamat anggota dalam huruf
timbul. Ketika anggota akan meminjam koleksi maka anggota menempelkan kartu
anggotanya pada kartu buku dengan menggunakan alat khusus. Sehingga pada kartu
buku tercetak nama peminjam. Sistem ini adalah. . .
A. Brown
B. Islington
C. Newark
D. Sulih
15. Kata referens merupakan asal kata dari bahasa Inggris
yang berarti to refer (dalam bentuk kata kerja) yang berarti . . .
A. Memilih
B. Menunjuk atau
Merujuk
C. Menyiapkan
D. Mengadakan
16. Tujuan pelayanan referens lebih dititikberatkan pada
pelayanan individu agar para pemakai perpustakaan mampu mendayagunakan
sumber-sumber informasi referens secara mandiri. Tujuan kemandirian tersebut
adalah. . .
A. Agar pemakai
dapat membantu menyeleksi dan memilihkan sumber rujukan yang tepat
B. Pemakai dapat
melakukan penelusuran informasi sesuai dengan bidang minatnya
C. Untuk
memperlancar tugas-tugas kepustakawanan, sehingga akan menghemat tenaga dan
waktu bagi pustakawan
D. Agar staf
pelayanan tidak terlalu banyak. Salah, tidak sesuai dengan pembahasan
17. Penyusunan file-file khusus, indeks, bibliografi, dan
abstrak termasuk layanan referens dalam kategori. . .
A. Layanan langsung
B. Layanan teknis
C. Layanan tidak
langsung
D. Layanan instruksional
18. Penyajian informasi atau entri berdasarkan urutan logis
dan mudah dikenal seperti pada Indeks Laporan Penelitian Survei, berarti
menggunakan susunan ....
A. Kronologis
B. Sistematis
C. Alfabetis
D. Informasi teknis
19. Cara penyajian informasi koleksi referens seperti
almanak, buku tahunan biasanya berdasarkan susunan. . .
A. Kronologis
B. Sistematis
C. Alfabetis
D. Informasi teknis
20. Terbitan mengenai riwayat hidup yang ditulis sendiri
oleh pengarangnya disebut. . .
A. Autobiografi
B. Kamus Geografi
C. Kamus Biografi
D. Poliglot
21. Terbitan mengenai riwayat hidup sesedorang yang
ditulis oleh orang lain sebagai pengarangnya disebut. . .
A. Autobiografi
B. Kamus Geografi
C. Kamus Biografi
D. Poliglot
22. Jenis koleksi referens seperti handbook dan manual
dipersiapkan sedemikian rupa dengan tujuan, kecuali. . .
A. Memberikan
penjelasan yang rinci dan sedetail mungkin mengenai suatu bidang
B. Merupakan sarana
untuk memeriksa maupun menguji data bagi pemakai dalam melaksanakan tugas,
terutama untuk para peneliti, penguji mutu barang maupun pekerja lapangan
lainnya
C. Merupakan petunjuk
untuk melakukan tugas maupun dalam mengoperasikan suatu alat
D. Mempermudah dan
mempercepat dalam menemukan suatu istilah teknik
23. Cara penyajian informasi koleksi referens seperti
almanak, buku tahunan biasanya berdasarkan susunan. . .
A. Kronologis
B. Sistematis
C. Alfabetis
D. Informasi teknis
24. Daftar dokumen atau literatur yang pernah diterbitkan
disebut . . .
A. Katalog Induk
Majalah
B. Direktori
C. Bibliografi.
D. Indeks
25. Salah satu tujuan untuk diadakan layanan literatur di
perpustakan adalah sebagai berikut . . .
A. Memudahkan dalam
pemberian nomor klasifikasi
B. Mencatat koleksi
di Perpustakaan
C. Memudahkan
penelusuran sehingga mendapatkan informasi sesuai kebutuhan penggunanya
D. Memudahkan dalam
melakukan pemilihan koleksi
26. Literatur tertier merupakan literatur yang sudah diubah
sebanyak tiga kali dari literatur primer. Menurut Anda dari beberapa jenis
dokumen di bawah ini, manakah yang merupakan literatur tertier . . .
A. Direktori
B. Majalah ilmiah
C. Almanak
D. Indeks
27. Perpustakaan yang sudah berkomputeratau ada akses ke
data bank informasi, dapat memilih judul-judul dan abstraknya, kemudian
diberikan kepada pembaca yang memesannya. Merupakan bentuk layanan . . .
A. Kontak Informasi
B. Current Content
C. Jasa kesiagaan
Informasi
D. Jasa penyebaran informasi ilmiah
28. Layanan
perpustakaan kepada individu-individu yang meminta agar kalau ada bahan yang
baru dari majalah ia diberitahu. Merupakan bentuk layanan . . .
A. Kontak Informasi
B. Current Content
C. Penyebaran informasi terpilih
D. Jasa penyebaran
informasi ilmiah
29. Layanan informasi dari isi majalah terbaru, berupa
daftar isi majalah yang diterima perpustakaan. Merupakan bentuk layanan. . .
A. Kontak Informasi
B. Current Content
C. Jasa kesiagaan
Informasi
D. Jasa penyebaran informasi ilmiah
30. Di bawah ini menurut Anda manakah yang merupakan jenis
dari pangkalan data sumber . . .
A. Pangkalan data
teks lengkap
B. Pangkalan data
katalog
C. Pangkalan data
bibliografi
D. Pangkalan data
referal
31. Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh jika
perpustakaan berlangganan pialang pangkalan data, yaitu . . .
A. Perpustakaan dapat mengekploitasi seluruh informasi yang
tersebar di berbagai negara
B. Membantu dalam meremajakan cakupan bahan pustaka
C. Berguna untuk pengembangan koleksi karena mampu
menyediakan koleksi (format elektronik) dalam jumlah besar
D. Membantu dalam melakukan kegiatan promosi
32. Menyediakan pemakai dengan acuan dari dokumen yang
berhubungan dengan pertanyaan khusus untuk menemukan jalan keluar dari suatu
masalah. Merupakan ciri dari kegiatan jasa . . .
A. Jasa Informasi
Kilat
B. Jasa Penelusuran
Retrospektif
C. Jasa Rujukan
D. Jasa Referal
33. Peralatan yang tidak diperlukan dalam kerjasama
pemberian jasa informasi, antara lain
adalah. . .
A. Bibliografi
B. Katalog induk
C. Abstrak
D. Buku tahunan
34. Kerjasama silang layan disebut juga . . .
A. Interlibrary loan
B. Kerjasama
pengadaan
C. Kerjasama
pemberian jasa informasi
D. Kerjasama
pengadaan.
35.Layanan yang diberikan oleh perpustakaan kepada pemakai
perpustakaan agar dapat mendayagunakan fasilitas, koleksi, informasi dan
layanan yang tersedia di perpustakaan, adalah. . .
A. Pendidikan pemakai
B. Orientasi
perpustakaan
C. Instruksi
bibliografi
D. Pelatihan pemakai
perpustakaan
36. Penentuan tujuan dan sasaran dari suatu program
pendidikan pemakai di perpustakaan perguruan tinggi membutuhkan kerjasama yang
baik antara. . .
A. Pustakawan, Staf Akademik atau pengajar dan mahasiswa
B. Pustakawan, Staf Akademik atau pengajar dan pimpinan
Universitas
C. Staf Akademik, Mahasiswa dan pimpinan Universitas
D. Pustakawan, Pimpinan perpustakaan dan mahasiswa
37. Program ini merupakan tahap lanjutan dari orientasi
perpustakaan yaitu berkaitan dengan metode temu kembali informasi. Program ini
adalah. . .
A. Pendidikan pemakai
B. Orientasi
perpustakaan
C. Instruksi
bibliografi
D. Pelatihan pemakai
perpustakaan
38. Materi yang tidak diberikan dalam orientasi perpustakaan
adalah, , ,
A. Pengenalan Denah
B. Pengenalan Peraturan Perpustakaan
C. Pengenalan Dasar Saran Penelusuran Informasi
D. Nama pejabat di perpustakaan setempat
39. Materi yang biasanya diberikan dalam pengajaran
perpustakaan merupakan penjelasan lebih mendalam mengenai bahan-bahan
perpustakaan secara spesifik. Adapun materi yang tidak diberikan dalam
pengajaran perpustakaan antara lain yaitu. . .
A. Teknik penggunaan indeks, katalog, bahan-bahan rujukan
dan alat2 bibliografi
B. Penggunaan bahan atau sumber pustaka sesuai dengan subyek
atau jurusan
C. Teknik teknik penelusuran informasi dalam sebuah tugas
penelitian atau pembuatan karya ilmiah lainnya
D. Metode
penelitian perpustakaan
40. Menurut Rice(1981), program lanjutan dari orientasi
perpustakaan adalah. . .
A. Pendidikan pemakai
B. Pengajaran
perpustakaan
C. Instruksi
bibliografi
D. Pelatihan pemakai
perpustakaan
41. Metode yang disampaikan dalam ruangan kelas kepada
sekelompok pemakai dalam jumlah cukup besar yang membutuhkan pemahaman dalam
penelusuran dan pemanfaatan informasi adalah metode. . .
A. Ceramah
B. Tour perpustakaan
C. Permainan dan Tugas Mandiri
D. Latihan
42. Untuk mengetahui dampaknya terhadap penggunaan
perpustakaan dan suatu sistem informasi, dalam konteks pendidikan pemakai, maka
dilakukan . . .
A. Evaluasi
B. Implementasi
C. Korelasi
D. Kooperasi
43. Evaluasi ini dikembangkan berdasarkan ilmu psikologi.
Dalam evaluasi ini akan diadakan 2 kelompok yang diamati yaitu kelompok
eksperimental dan kelompok terkontrol. Adalah evaluasi. . .
A. Psikometrik
B. Sosiologis
C. Iluminatif
D. Formatif
44. Teknik membaca yang dilakukan sebagai tahap persiapan
sebelum kita membaca suatu buku secara terinci adalah…..
A. Membaca secara
global
B. Membaca untuk mencari sesuatu hal penting
C. Membaca untuk
belajar
D. Membaca dengan
sikap kritis
45. Teknik membaca yang benar-benar harus dikuasai oleh
seorang pengajar agar dapat membimbing penulisan skripsi atau tesis mahasiswa
adalah…
A. Membaca mencari arah
B. Membaca secara
global
C. Membaca dengan
sikap kritis
D. Membaca untuk belajar
46. Metode yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kepuasan
pemakai, yaitu dengan cara menyewa konsultan biro jasa yang khusus menangani
tentang survey kepuasan pemakai adalah metode.........
A. Sistem keluhan dan
saran
B. Survei kepuasan
pemakai
C. Analisis
kehilangan pemakai
D. Ghost Shopping
47. Rumusan kepuasan pemakai dengan membandingkan antara
harapan dan kenyataan dapat dinyatakan sebagai berikut .........
A. Jika harapan > kenyataan, maka sangat puas
B. Jika harapan = kenyataan, maka puas
C. Jika harapan < kenyataan, maka tidak puas
D. Jika harapan > kenyataan, maka cukup puas
48. Upaya organisasi dalam memberikan pelayanan terbaik yang
dapat memuaskan pemakai secara optimal dapat dikatakan sebagai. . .
A. Layanan referens
B. Layanan sirkulasi
C. Layanan Prima
D. Layanan Pemakai
49. Yang dimaksud faktor organisasi yang dapat mempengaruhi
pelayanan prima adalah. . .
A. Kebijakan pengorganisasian koleksi bahan pustaka yang
dapat mempengaruhi kelancaran pelayanan
B. Pengorganisasian fungsi pelayanan baik dalam struktur
maupun mekanisme yang akan berperan dalam produk mutu dan kelancaran pelayanan
C. Kebijakan
pengorganisasian fungsi pelayanan guna menentukan jenis-jenis layanan pemakai
yang sesuai dengan kebutuhan organisasi perpustakaan
D. Kebijakan
organisasi mengenai penentuan jenis-jenis pelayanan yang dapat menjawab
kebutuhan pemakai
50. De Vrye menyebut salah satu perilaku yang dapat
mendorong ke arah proses pelayanan prima yang sesuai dengan yang diharapkan
atau bahkan melebihi harapan pemakai sebagai. .
A. Self esteem
B. Excess expectations
C. Improve
D. Empower
Judul: Soal UT FISIP Ilmu Perpustakaan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Haiakg
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Haiakg
Assallamualaikum Selamat pagi Teman dan saudaraku sesama mahasiswa UT Pondok Cabe Jakarta... Saya coba untuk mendown load materi soal ujian yts diatas Soal UT FISIP Ilmu Perpustakaan akan tetapi selalu gagal... bisa saya minta tolong untuk saudara atau rekan sesama mahasiswa Universitas Perpustakaan untuk mengirimkannya kepada kami dengan alamat email : cindyoktariana@gmail.com dan suryo.agustono86@gmail.com.. atas bantuannya kami mengucapkan banyak terimakasih... wassallam.. a.n Cindy dan Agus
BalasHapus