Soal Ujian Universitas Terbuka PGTK - PAUD

Dengan mendownload file ini, Anda akan mendapatkan contoh soal-soal UT jurusan PGPAUD dari seluruh mata pelajaran, seperti :
- Metode Pengembangan Bahasa
- Metode Pengembangan Sosial Emosional
- Psikologi perkembangan Anak
- Pengembangan Kecerdasan majemuk
- Evaluasi Perkembangan Anak TK
- dll
Klik dan download soal anda dibawah ini, dan nikmati sepuasnya.

       soal-soal PGTK - PAUD

(jika anda mengalami kendala saat mendownload, silahkan konfirmasikan kepada kami, lewat nomor contact kami dibawah)



Ini adalah salah satu contoh soal PGTK - PGPAUD, mata pelajaran "Metode Pengembangan Fisik"

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pengertian dari perkembangan motorik adalah ....         
A.   segala sesuatu dapat bergerak
B.   perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh
C.   perkebangan gerak tubuh manusia dari bayi hingga dewasa
D.   semua gerakan yang mungkin dilakukan seluruh tubuh

2.   Tahap perkembangan motorik yang anak secara sadar, berusaha mengembangkan strategi tertentu untuk mengingat gerakan serupa yang pernah dilakukan disebut tahap ....           
A.   autonomous
B.   kognitif
C.   asosiatif
D.   refleks
       
3.   Berikut ini bukan termasuk peranan kemampuan motorik bagi perkembangan sosial emosional anak, yaitu anak akan ....
A.   melakukan kegiatan dengan senang hati
B.   meningkatkan rasa percaya dirinya
C.   mengembangkan otak kanan dan kiri
D.   mudah diterima lingkungan

4.   Anak yang terampil dalam menggerakkan bagian tubuhnya dengan tetap diam ditempat berarti memiliki keterampilan ....
A.   lokomotorik
B.   proyeksi
C.   manipulasi
D.   nonlokomotorik

5.   Perbedaan antara motorik kasar dan halus adalah ....
A.   motorik kasar membutuhkan koordinasi sebagian besar tubuh anak, sedangkan motorik halus hanya melibatkan bagian tubuh tertentu dan otot-otot kecil
B.   motorik halus akan dikuasai anak terlebih dahulu dilanjutkan motorik kasar
C.   motorik kasar digerakkan dengan cara kasar, sedangkan motorik halus digerakkan dengan lemah gemulai
D.   motorik halus lebih membutuhkan tenaga dan konsentrasi daripada motorik kasar

6.   Adnin ingin minum sirup. Setelah menuang air dari teko dan sedikit sirup dari botol, lalu Adnin mengaduk sirup tersebut dan meminumnya. Kemampuan Adnin tersebut termasuk kemampuan motorik ....
A.   halus untuk anak usia 3 – 4 tahun
B.   kasar untuk anak usia 3 – 4 tahun
C.   halus untuk anak usia 5 – 6 tahun
D.   kasar untuk anak usia 5 – 6 tahun

7.   Setiap anak memiliki jangka waktu tersendiri dalam menguasai keterampilan, sehingga guru diharapkan tidak memaksa anak melebihi batas kemampuannya. Ini merupakan implikasi dari peranan guru mengembangkan motorik anak dalam hal ....
A.   memperkenalkan berbagai jenis keterampilan
B.   meningkatkan kesabaran
C.   memberikan aktivitas yang bervariasi
D.   memperlakukan anak dengan sama

8.   Salah satu kompetensi dasar motorik halus anak berikut ini bukan merupakan tujuan dari aktivitas fisik yang terkoordinasi ....
A.   keseimbangan
B.   persiapan menulis
C.   keberanian
D.   kepandaian

9.   Untuk memilih metode yang sesuai dalam mengembangkan motorik anak, guru perlu menjamin bahwa anak tidak akan mengalami cedera. Hal tersebut merupakan alasan guru memilih metode ditinjau dari aspek ....
A.   karakteristik anak
B.   lingkungan yang aman
C.   tempat kegiatan
D.   lingkungan yang menantang

10.  Berikut ini adalah hal-hal yang tidak perlu direncanakan guru dalam mengembangkan motorik anak ....
A.   metode 
B.   biaya 
C.   topik 
D.   peralatan

11.   Guru perlu menulis catatan hasil kerja anak di lembar observasi. Hal ini merupakan kegiatan guru mengembangkan motorik anak pada tahap ....  
A.   pembukaan   
B.   inti  
C.   penutup 
D.   evaluasi
12.   Penggolongan umur yang biasanya dikaitkan dengan pertumbuhan tulang-tulang kerangka disebut umur 
A.   kronologis 
B.   anatomis 
C.   fisiologis 
D.   psikologis

13.   Salah satu pola pertumbuhan anak disebut cepalocaudal, yaitu bila ....
A.   lengan lebih dulu dapat digunakan daripada telapak tangan
B.   tangan lebih cepat tumbuh daripada kaki
C.   kaki lebih dulu dapat digunakan daripada kepala
D.   telapak tangan lebih cepat tumbuh daripada jari jemari

14.   Meskipun sering jatuh, kelentukan anak usia TK masih dapat mencegah keretakan. Ini merupakan ciri pertumbuhan anak TK dalam aspek ....
A.   organ tubuh
B.   otot
C.   tulang kerangka
D.   gigi

15.   Salah satu karakteristik anak usia TK adalah tingginya ego pada dirinya. Implikasi dari karakteristik tersebut adalah ....
A.   sangat energik dan tidak bisa diam
B.   jika lelah mudah tersinggung
C.   marah jika benda-benda miliknya diganggu
D.   anak laki-laki suka bertengkar daripada anak perempuan

16.   Berikut ini yang bukan kebutuhan anak usia 0-5 tahun ....
A.   berkawan dengan anak lain
B.   rasa aman dan tenteram
C.   memerlukan ruang gerak yang sempit
D.   perhatian terhadap jenis kelamin

17.   Salah satu perkembangan gerak yang mampu dilakukan anak usia 3-4 tahu adalah ....
A.   memanjat dan bergelantungan
B.   naik turun tanggatanpa berpegangan
C.   mencoblos dengan pensil
D.   mengaduk air di gelas dengan sendok

18.   Program pengembangan gerak yang dapat dilakukan untuk anak usia 4-5 tahun antara lain adalah ....
A.   menyediakan lorong dengan panjang 4 meter yanghanya bisa dilalui dengan merangkak atau merayap
B.   membawa anak ke gundukan tanah berbukit-bukit dan meminta anak naik turun bukit tersebut beberapa kali
C.   meletakkan manik-manik dan benang di depan anak dan diharapkan anak dapat merangkainya menjadi satu untaian
D.   menyediakan beberapa bola yang daya pantulnya rendah dan keranjangnya atau kotak sebagai sasaran dan diharapkan anak dapat melempar bola ke sasaran secara berulang

19.   Kemampuan gerak individual yang tidak dimiliki setiap orang dan mengarah pada kebutuhan dan minat seseorng yang disebut ontogenitic terjadi pada tingkat ....
A.   pertama
B.   kedua
C.   ketiga
D.   keempat

20.   Faktor utama yang paling berpengaruh pada efektifitas penggunaan kemampuan gerak pada anak adalah 
A.   ukuran tubuh
B.   pertumbuhan fisik
C.   berat tubuh
D.   sistem syaraf

21.   Perbedaan antara motor dan movement adalah movement ....
A.   bersifat internal sedangkan motor bersifat eksternal
B.   lebih sukar diamati daripada motor
C.   bersifat eksternal sedang motor bersifat internal
D.   lebih konstan daripada motor

22.   Fleksi, ekstensi dan rotasi merupakan jenis gerakan ditinjau dari ....
A.   sistem otot
B.   ruang dan jarak
C.   teori taksonomi Harrow
D.   sumber gerakan

23.   Salah satu macam gerak menurut Harrow adalah gerakan dasar, yaitu gerakan ....
A.   kontraksi otot yang menyebabkan gerakan membengkok
B.   yang menjadi pijakan untuk ketangkasan gerak yang lebih kompleks
C.   yang timbul sebagai reaksi terhadap suatu stimulus
D.   berputar yang berporos pada satu sumbu

24.   Pengertian dari gerak manipulasi adalah gerakan yang ....
A.   tidak menyebabkan pelakunya berpindah tempat
B.   mempertahankan keseimbangan
C.   menyebabklan perpindahan tempat
D.   mengalihkan kekuatan terhadap objek

25.   Perpindahan berat badan dari satu kaki ke kaki yang lain dengan salah satu kaki tetap bertumpu disebut gerakan ....
A.   berlari
B.   berjalan
C.   meloncat
D.   memanjat

26.   Salah satu ciri gerakan meloncat adalah ....
A.   salah satu kaki pasti bertumpu di tanah
B.   melompat dengan satu kaki saja dan mendarat dengan satu kaki
C.   meloncat dengan dua kaki dan mendarat dengan satu kaki
D.   berlari lalu meloncat ke depan dengan kedua kaki

27.   Berikut ini yang bukan termasuk ciri berlari pada tahap yang sudah matang menurut Wickstrom  ....
A.   lutut tungkai tumpu agak dibengkokkan setelah kaki menyentuh lantai
B.   tubuh bagian atas sedikit dicondongkan ke depan selama berlari
C.   gerakan lengan sudah mencapai jarak vertikal yang mencukupi
D.   kaki tumpu bersentuhan dengan lantai sedikit rata dan lebih dekat dengan pusat gaya berat badan

28.   Salah satu masalah yang sering muncul pada gerakan meniti atau memanjat adalah anak tidak mampu ....
A.   melakukanpergantian tangan atau kaki
B.   meluruskan kedua tungkai saat mendarat
C.   mencondongkan badan sedikit ke depan
D.   melakukan tekukan pergelangan kaki, lutut dan sendi panggul

29.   Variasi gerakan berjalan yang dapat dilakukan dari segi waktu antara lain adalah berjalan dengan ....
A.   lutut diangkat tinggi-tinggi
B.   tumit
C.   zigzag
D.   langkah kedut

30.   Variasi gerakan berlari yang dapat dilakukan dari segi ruang adalah berlari dengan ....
A.   kaki disilangkan
B.   bertepuk tangan
C.   membentuk angka
D.   menaik atau menurun

31.   Variasi tambahan pada gerakan meloncat antara lain meloncat dengan ....
A.   lutut dikakukan
B.   ketukan berirama
C.   menirukan gerak binatang
D.   merubah arah

32.   Variasi gerakan meniti yang dapat dilakukan dari segi gaya adalah meniti dengan ....
A.   membelakangi objek
B.   kedua lengan merapat
C.   derajat kemiringan naik dan turun
D.   membawa beban di pungung

33.   Tidak termasuk petunjuk pembelajaran dalam gerakan adalah mengarahkan ....
A.   dengan contoh melalui gambar
B.   seluruh telapak kaki bersamaan menyentuh lantai
C.   tubuh bagian atas selalu ditegakkan
D.   lengan mengayun bebas

34.   Tidak termasuk keterampilan berkomunikasi pada saat memberi petunjuk gerakan berlari pada anak adalah meminta anak untuk ....
A.   bernapas dengan normal, tidak tersengal-sengal
B.   menyentuh lantai dengan tumit terlebih dulu
C.   kedua mata diarahkan ke depan
D.   tubuh selalu ditegakkan

35.   Gerakan membengkokkan tubuh seperti melipat lutut atau siku termasuk gerakan stabilisasi ....
A.   stretching
B.   bending
C.   swinging
D.   swaying

36.   Tidak termasuk masalah yang sering muncul pada gerakan stretching dan bending ....
A.   dengan cara renggutan
B.   hilang keseimbangan
C.   tidak mampu bergerak sesuai kelentukan sendi
D.   rasa sakit/tidak menyenangkan

37.   Variasi gerakan stretching dan bending yang dapat dilakukan dari segi gaya antara lain ....
A.   merapat ke lantai
B.   mengikuti irama musik
C.   membulatkan badan
D.   membungkuk dengan berjinjit

38.   Tidak termasuk keterampilan berkomunikasi dengan anak pada gerakan stretching dan bending ....
A.   menekankan pada gerakan yang terus-menerus tetapi lembut
B.   sambil mendengarkan aliran air sungai
C.   selang-seling antara stretching dengan bending
D.   bertahap mengulur atau membengkokkan lebih jauh

39.   Keterampilan dalam menggunakan satu atau dua tangan untuk melontarkan objek menjauhi badan ke udara disebut ....
A.   menggelindingkan
B.   melempar
C.   menangkap
D.   menarik
     
40.   Hurin, 5 tahun, dapat menggelindingkan bola dari posisi setengah jongkok dengan menempatkan salah satu kaki sedikit ke depan. Jadi Hurin sudah menguasai gerakan menggelindingkan bola pada tingkat ....
A.   dasar
B.   lanjut
C.   matang
D.   mahir

41.   Berikut tidak termasuk masalah yang sering muncul pada gerakan menangkap ....
A.   salah posisi berdiri
B.   gagal memperhatikan objek
C.   jari tangan lurus dan kaku
D.   gagal meluruskan lengan dengan cepat
42.   Salah satu variasi gerak mendorong yang dapat dilakukan dari segi arah antara lain adalah dengan ....
A.   kaki berjinjit
B.   berdiri satu kaki
C.   gerakan angka 8
D.   bahu saling bertemu

43.   Salah satu petunjuk pembelajaran pada gerakan menarik dan mendorong adalah ....
A.   menggunakan benda yang ringan lebih dahulu
B.   daerah tumpuan dipersempit
C.   fokus pada kekuatan lengan dan tangan
D.   menggunakan benda yang besar terlebih dulu

44.   Informasi yang perlu disampaikan pada anak untuk melakukan gerakan menangkap adalah ....
A.   berat badan dipindahkan dari belakang ke depan
B.   kaki kiri dilangkahkan ke depan
C.   jari tangan sedikit membulat
D.   siku bergerak lebih dulu diikuti pergelangan tangan

45.   Gerakan nonlokomotor adalah gerakan ....
A.   dengan bagian tubuh tertentu yang berpindah tempat
B.   dengan sebagian anggota tubuh tanpa berpindah tempat
C.   yang berkaitan dengan lemparan dan tangkapan
D.   yang berkaitan dengan lari, lompat atau jalan

46.   Pernyataan yang paling tepat di bawah ini ....
A.   perkembangan gerakan halus yang signifikan terjadi pada umur 4 tahun
B.   gerakan halus memerlukan ketelitian dan kecerdikan
C.   gerakan kasar umumnya dikuasai anak pada umur 2-3 tahun
D.   gerakan kasar melibatkan bagian tubuh yang besar, kecuali untuk gerakan berpindah tempat

47.   Untuk mempelajari motorik anak perlu mendapatkan lingkungan yang mendukung. Ini berkaitan dengan faktor ....
A.   bimbingan
B.   model yang baik
C.   kesempatan belajar
D.   kesiapan belajar

48.   Salah satu variasi gerakan berjalan pada anak adalah dengan berjalan berbaris secara beregu. Ini disebut jalan ....
A.   cepat
B.   serempak
C.   di tempat
D.   silang
49.   Gerakan meloncat dimana loncatan dilakukan dengan tumpuan satu kaki dan mendarat menggunakan satu kaki yang sama disebut ....
A.   mencongklang
B.   meloncat
C.   berjingkit
D.   melompat

50.   Pernyataan yang kurang tepat tentang perkembangan gerakan melempar ....
A.   sudah mampu dilakukan anak umur 6 bulan
B.   terutama menggunakan kekuatan tangan dan lengan
C.   koordinasi makin baik pada anak usia 6 – 6,5 tahun
D.   mulai bisa dilakukan anak usia  2 tahun

51.   Siffa akan berlatih melompat dengan awalan bersama gurunya. Namun sayang ada hal yang kurang tepat dalam latihan tersebut, yaitu guru ....
A.   segera memperbaiki jika anak salah melakukan
B.   memilih bak melompat yang tidak terlalu gembur
C.   mengawasi tiap anak saat latihan
D.   sebelum melompat anak diminta melangkah atau lari terlebih dahulu

52.   Berikut gerakan yang tidak termasuk dalam latihan pembentukan togok anak ....
A.   melentingkan badan
B.   meliuk-liukkan badan
C.   memutar badan
D.   membaringkan badan

53.   Gurunya Hasna ingin mengkombinasikan beberapa gerak dasar. Ia meminta Hasna untuk berjalan beberapa meter. Setelah peluit berbunyi, Hasna diminta berlari secepat-cepatnya sampai batas yang ditentukan, lalu melemparkan bola sejauh-jauhnya melewati atas kepalanya. Ini merupakan kombinasi gerak dasar ....
A.   jalan-lari-lompat
B.   lari-lempar-lompat
C.   jalan-lari-lempar
D.   lari-jalan-lempar
54.   Bu Neni akan mengajarkan bentuk gerak jalan. Ia meminta anak-anak untuk menirukan berbagai gerak binatang seperti kucing menggeliat, burung bangau menangkap ikan, atau elang menyambar ayam. Gerakan-gerakan tersebut merupakan proses pembelajaran gerak pada tahap ....
A.   pendahuluan
B.   penutup
C.   pengembangan
D.   puncak

55.   Saat bermain di halaman, Bu Zahra ingin mengembangkan gerak lari. Ia meminta anak-anak bergerak seperti berbagai mobil yang berlalu lalang di jalan yang ramai. Kadang-kadang mereka harus menancap gas, tetapi juga harus siap menginjak rem mendadak menghindari tabrakan. Pengembangan gerak seperti ini sesuai untuk latihan lari ....
A.   berubah arah
B.   cepat berubah arah
C.   beranting
D.   dengan start
     
56.   Di halaman sekolah, Bu Anti mengajak anak-anak bermain “Topi-Toko”. Anak-anak dibagi dalam 2 kelompok membentuk dua baris. Satu regu dinamakan Topi dan regu lainnya dinamakan Toko. Bila disebut Bu Anti, maka regu Topi harus segera berlari dan regu Toko mengejar dan menyentuhnya. Begiru pula sebaliknya. Kegiatan yang dilakukan Bu Anti tersebut termasuk proses pembelajaran gerak berlari dalam hal ....
A.   kegiatan puncak
B.   pengenalan cara start
C.   kegiatan pendinginan
D.   kombinasi jalan-lari

57.   Bu Rita akan mengembangkan gerakan melompat. Ia meminta anak-anak berbanjar menelungkup dalam jarak tertentu dan secara bergiliran anak melompati teman-teman di depannya. Kegiatan seperti ini dapat dilakukan pada tahap ....
A.   pendahuluan
B.   pemanasan
C.   puncak
D.   penutup
58.   Saat bermain di halaman, Bu Ida meminta anak-anak untuk berkelompok 3-5 anak, setiap kelompok diberi satu simpai dengan jarak 5 meter dari posisi anak, lalu Bu Ida meminta tiap anak melemparkan bola kain ke dalam simpai. Kegiatan ini merupakan pengembangkan gerak melempar yang dapat dilakukan pada tahap ....
A.   pendahuluan
B.   pemanasan
C.   puncak
D.   penutup

59.   Kemampuan tubuh mensuplai oksigen yang diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan merupakan salah unsur kesegaran jasmani yaitu unsur ....
A.   kekuatan
B.   daya tahan
C.   kelincahan
D.   kecepatan

60.   Berikut contoh strategi mengajarkan pembentukan keseimbangan pada anak ....
A.   meliukkan badan
B.   memanjat tiang
C.   sikap kapal terbang
D.   kejar-mengejar




Kembali ke Halaman Utama Contoh Soal Universitas Terbuka 
Judul: Soal Ujian Universitas Terbuka PGTK - PAUD
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Man Adam