Soal UT Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dengan mendownload file ini, anda akan mendapatkan contoh soal-soal UT  FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari seluruh mata pelajaran, seperti :
-  Linguistik Umum
-  Fonologi Bahasa
-  Cerita Rekaan
-  Morfologi Bahasa
-  Semantik Bahasa
- dll
Klik dan download soal anda dibawah ini, dan nikmati sepuasnya

          Soal UT Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


(Jika anda mengalami kendala saat mendownload, jangan putus asa. coba lagi sampai bisa. kalau benar - benar tidak bisa lagi didownload setelah dicoba berkali - kali, konfirmasikan kepada kami lewat nomor contact kami dibawah)

Ini adalah salah satu contoh soal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mata pelajaran "Retorika"

RETORIKA

PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1. Pernyataan yang berisi kelebihan retorika dibanding berbicara adalah ... .
A. retorika dilakukan di dalam situasi resmi sedangkan berbicara di luar situasi resmi
B. di dalam retorika mementingkan seni berbahasa sedangkan berbicara tidak
C. retorika dipelajari di sekolah sedangkan berbicara tidak perlu dipelajari di sekolah
D. beretorika harus memperhatikan kaidah bahasa sedangkan berbicara tidak harus

2. Retorika digolongkan ke dalam sebuah ilmu. Dalam hal ini Golden berpendapat bahwa
retorika merupakan studi tentang bagaimana seseorang memengaruhi orang lain … .
A. untuk membuat pilihan secara bebas
B. agar mengikuti keinginannya
C. untuk memberi persetujuan
D. agar rencananya dapat terwujud

3. Manfaat retorika tidak hanya pada kecakapan berpidato tetapi juga dalam pemeliharaan
kebebasan dan keterbukaan masyarakat. Hal ini berarti retorika mampu ... .
A. membebaskan masyarakat dari kemiskinan
B. membebaskan masyarakat dari tindak kejahatan
C. melatih masyarakat untuk memiliki sifat bebas dan terbuka
D. melatih masyarakat untuk dapat hidup sebebas-bebasnya

4. Bahasa memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap retorika. Hal ini dapat dibuktikan
bahwa kalimat yang lebih menarik didengar atau dibaca adalah ... ..
A. bola lampu philips lebih bagus
B. bola lampu philips lebih kuat
C. terus terang saya lebih suka philips
D. terus terang philips terang terus

5. Menurut sejarah, retorika berawal di Mesopotamia. Hal ini dibuktikan dengan adanya
... .
A. karya tulis Akkadian dalam betuk tulisan paku
B. karya tulis berjudul Techne Logon (seni kata-kata) dari Corax
C. karya berjudul “the Five Canons of Rhetoric” dari Aristoteles
D. karya berjudul “De Oratore Cicerio” dari Cicero

6. Teknik kemungkinan yang dikemukakan Corax menyimpulkan bahwa retorika mirip
ilmu silat lidah, contohnya adalah ... .
A. koruptor yang lari ke Singapura terbebas dari jerat hukum oleh karena itu silakan
korupsi kemudian lari ke Singapura
B. anak yang malas belajar itu sangat bodoh oleh karena itu kalau mau jadi orang bodoh
tidak perlu rajin belajar
C. kakak beradik itu sangat miskin dan itu sangat wajar karena nenek moyang mereka
juga sudah miskin sejak dulu
D. Wajar saja bila untuk masuk pegawai negeri harus membayar dengan jumlah besar
karena pegawai negeri sama dengan pejuang

7. Quintillianus mempersyaratkan seorang calon orator untuk mempelajari sastra karena
menurutnya sastra dapat ... .
A. menanamkan nilai-nilai kehidupan yang diperlukan oleh seorang orator
B. mencerdaskan pikiran yang memang diperlukan oleh seorang orator
C. membentuk gaya dan melatih memori yang sangat diperlukan oleh seorang orator
D. melatih rasa atau emosi yang juga diperlukan oleh seorang orator

8. Sejarah perkembangan retorika pada abad pertengahan terkait dengan masalah
kenegaraan. Oleh sebab itu, retorika tidak dapat lepas dari masalah ... .
A. keuangan
B. politik
C. kebudayaan
D. pendidikan

9. Retorika berkembang pesat di Perancis setelah revolusi. Kaisar Perancis yang berguru
kepada seorang pemain teater dan guru ilmu retorika adalah ... .
A. Mirabeaus
B. Charles De Gaulle
C. Oliver Cromwell
D. Napoleon Bonaparte

10. Kata komunikasi berakar dari kata ‘communis’bahasa latin yang berarti ... .
A. politik
B. golongan
C. sama
D. partai

11. Kebenaran sebagai persesuaian yang diperkenalkan Aristoteles dapat diartikan ... .
A. sesuatu bisa dikatakan benar adanya bila memiliki kegunaan
B. suatu pernyataan dinyatakan benar bila sesuai dengan kenyataan
C. suatu pernyataan dinyatakan benar bila melalui pernyataan itu tercipta kenyataan yang
sesuai dengan apa yang diungkapkan
D. kebenaran terjadi apabila antar proposisi saling meneguhkan

12. Berkaitan dengan psikologi, strategi komunikasi dapat diartikan sebagai ... .
A. upaya berpikir ke arah keefektifan dalam menentukan pilihan agar tujuan komunikator
tercapai secara memuaskan
B. sebuah rencana yang disusun secara efektif demi kepentingan pemilik modal
C. susunan acara yang efektif dan efisien yang akan dibacakan pada suatu kegiatan
komunikasi
D. suatu pencapaian tujuan berkomunikasi dengan memanfaatkan segala perangkat yang
diperlukan

13. Seringkali kita mendengarkan sebuah ceramah yang tidak dapat kita tangkap isinya.
Hal ini disebabkan oleh pembicara tidak ... .
A. mempedulikan khalayak
B. membatasi masalah
C. menentukan tujuan
D. memperhatikan situasi

14. Sebuah wacana retorik berbentuk berita disajikan dengan menggunakan metode ... .
A. jurnalisme
B. penyuluhan
C. dakwah
D. propaganda

15. Ethos dalam retorika menurut Aristoteles adalah ... .
A. kecerdasan pembicara yang berkaitan dengan emosi
B. kegiatan berbicara dengan menggunakan prinsip-prinsip logika
C. pembicara yang berwawasan, berperilaku baik, dan terpercaya
D. pembicara yang pandai mempersuasi pendengar dengan pilihan kata, kalimat, dan
gaya bicara

16. ”Go to Hell with Your Aids” terhadap Amerika merupakan salah satu retorika
Soekarno yang menunjukkan ... .
A. keberhasilan Soekarno mempersuasi rakyatnya
B. kebencian Soekarno terhadap Amerika yang manipulatif
C. kepandaian Soekarno menggunakan bahasa Inggris
D. kepemimpinan Soekarno sebagai seorang presiden

17. Di sebuah pertemuan politik seorang wakil partai berpidato. Pada situasi seperti ini
tujuan pidato tersebut adalah ... .
A. menghibur
B. memberitahu
C. memperkuat keyakinan
D. mengubah keyakinan

18. Penguasaan seorang orator terhadap gaya bahasa sangat membantunya dalam ... .
A. menarik perhatian pendengar
B. menyampaikan pesan secara jelas dan tepat
C. menggunakan bentuk-bentuk kata secara bervariasi
D. mengutarakan pesan secara logis

19. Gaya komunikasi tingkat tinggi dapat ditandai dengan ... .
A. cara mengungkapkan yang implisit
B. cara mengungkapkan yang eksplisit
C. menggunakan kosakata baku
D. menggunakan kosakata nonbaku

20. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam persiapan langsung untuk berpidato adalah
A. membaca buku
B. mendengarkan pidato
C. menentukan topik
D. menyimak berita

21. Pelaksanaan pidato dengan metode impromtu adalah ... .
A. pidato dengan menggunakan/membaca naskah
B. pidato yang dilakukan secara spontan
C. pidato dengan cara mengahapal naskah
D. pidato berdasarkan catatan berupa garis besar

22. Sekelompok mahasiswa berkumpul di depan gedung Mahkamah Agung dan memberi
semangat seorang wakilnya yang menyampaikan pidato dengan tujuan membenahi
penegakan hukum di negara ini. Jenis pidato yang dilakukan mahasiswa tersebut
tergolong ragam ... .
A. khotbah
B. propaganda
C. reportase
D. orasi

23. Aan menyampaikan pidato dengan sangat rileks, lancar, hanya pilihan katanya kurang
bervatiatif. Berdasarkan ilustrasi tersebut, Aan telah menguasai beberapa kemampuan
dasar berpidato, yaitu ... .
A. mampu mengungkapkan pikiran dan menggunakan bahasa dengan baik
B. menggunakan bahasa dengan baik dan memiliki keberanian tampil di depan umum
C. mampu mengungkapkan pikiran dan memiliki keberanian tampil di depan umum
D. mampu mengungkapkan pikiran, berani tampil di depan umum, dan menggunakan
bahasa dengan baik

24. Seorang orator bersikap santun, ramah, dan menunjukkan wajah menyenangkan
kepada hadirin. Dalam hal ini orator tersebut telah menerapkan hukum ... .
A. respect
B. empathy
C. audible
D. clarity

25. Pidato yang bersifat rekreatif bertujuan untuk ... .
A. memberitahukan
B. menghibur
C. memengaruhi
D. memperluas wawasan

26. Bila Anda akan berpidato, Anda harus memilih topik yang sesuai dengan latar
belakang pendidikan agar ... .
A. setiap orang senang mendengarkan pidato Anda
B. pendengar tidak kesulitan memahami isi pidato Anda
C. uraian sesuai dengan waktu yang disediakan
D. Anda menguasai masalah yang Anda ungkapkan

27. Salah satu cara merumuskan atau menentukan judul adalah dengan cara
memperhatikan syarat propokatif. artinya judul harus ... .
A. sesuai atau berhubungan dengan topik yang dibahas
B. menimbulkan rasa ingin tahu/penasaran pendengar
C. menggunakan kalimat-kalimat yang mudah dicerna dan diingat
D. mengandung judul yang mengarah pada cerita atau humor

28. Pengembangbiakan Bunga Mawar. Berdasarkan hasil analisis, sub-topik pembicaraan
tersebut dapat dimasukkan ke dalam topik besar yaitu ...
A. pengalaman pribadi
B. pelajaran sekolah
C. pendapat pribadi
D. hobi dan keterampilan

29. Salah satu cara mengatasi rasa tidak percaya diri adalah dengan menghilangkan
pikiran negatif, karena pikiran negatif ... .
A. mengganggu kerja otak dalam menyusun kata-kata dan kalimat-kalimat
B. tidak dapat memunculkan imajinasi yang dapat membunuh rasa takut
C. berkaitan dengan fisik yang membuat sistem syaraf menjadi tegang
D. membentuk energi yang akan merusak kepercayaan diri

30. Bercerita sebagai selingan di awal atau di selah-selah pidato menjadi satu cara
membangun percaya diri, karena cerita dalam pidato dapat ... .
A. membantu pembicara dalam mengungkapkan pikiran dan mengangkat eksistensi diri
B. membantu pembicara dalam menyampaikan pesan secara sistematis, logis, dan
mengesankan.
C. meringankan atau membuat rileks audiens setelah bekerja memahami materi yang
dirasa cukup berat bagi audiens
D. menjadi jalan bagi pembicara untuk menjadi orator terkenal sehingga dapat
mengantarkan menjadi orang besar

31. Penyusunan naskah pidato yang baik harus memenuhi prinsip kesatuan yaitu ... .
A. mengandung isi, tujuan, dan sifat
B. kalimat-kalimat yang digunakan efektif
C. isinya berupa pengetahuan bagi pendengar
D. bentuk dan isinya sesuai dengan tujuan

32. Sebuah naskah pidato yang baik menampakkan adanya garis-garis besar dan
penggunaan kata yang tepat. Garis-garis besar naskah pidato meliputi ... .
A. topik, subtopik, dan ilustrasi
B. pembuka, isi, dan penutup
C. pembicara, pendengar, dan topik
D. pembicaraan, waktu, dan media

33. Berikut ini adalah contoh susunan topik dan sub-subtopik dalam garis-garis besar
naskah pidato.

A. Pendidikan Karakter melalui Bahasa Indonesia
1. Pengertian Pendidikan Karakter
2. Pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Penerapan nilai positif dalam berbahasa
Penyusun garis-garis besar tersebut mengandung kesalahan, yaitu ... .

A. topik tersebut tidak cocok disajikan pada pidato
B. kesalahan terletak pada penggunaan nomor
C. tidak terdapat kaitan antara topik dengan subtoppik
D. cara penyusunan nomor tidak tepat

34. Penggunaan bahasa yang baik dalam berpidato memiliki beberapa tujuan, salah
satunya adalah agar ... .
A. pidato cepat selesai
B. isi pidato mudah dipahami
C. orator menjadi terkenal
D. dapat ditiru oleh orator lain

35. Assalamualaikum, wr. wb
Saudara-saudara,
Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato berjudul “Hari
Pahlawan”.
Pidato ini bertujuan mengingatkan kita bahwa kepahlawanan, patriotisme, dan
nasionalisme sangat penting dalam mengembangkan negara kita. Tanpa sikap tersebut,
maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup.
Kutipan naskah pidato di atas menunjukkan adanya pilihan kata yang tepat atau sesuai
dengan judul/tema yang diungkapkan, yaitu penggunaan kata ... 

A. ingin menyampaikan pidato
B. bertujuan mengingatkan kita
C. kepahlawanan, patriotisme, nasionalisme
D. mengembangkan negara kita

36. Para hadirin, dari penduduk Indonesia yang banyak ini akan bermunculan manusiamanusia
Indonesia yang cerdas melalui pendidikan yang tertata rapi. Pendidikan yang
mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, menguasai
sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi
Indonesia baru. Oleh karena itu, kami sangat berharap kepada para guru untuk mampu
menciptakan anak-anak yang cerdas, penegak bangsa ini.
Pada kutipan naskah pidato di atas terdapat penggunaan gaya bahasa yang terletak pada
kalimat ... .
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

37. Berikut ini adalah kegiatan yang dilakukan pada saat membuka pidato, kecuali ... .
A. menginformasikan pokok persoalan
B. menjelaskan latar-belakang masalah
C. mengaitkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
D. menerangkan prestasi pembicara

38. Ass. W. W.
Yth. Bapak kepala sekolah, para guru, dan para orang tua murid. Puji syukur kita
panjatkan kepada yang Maha Kuasa karena hari ini kita dapat berkumpul untuk
memperingati hari berdirinya sekolah ini sekaligus melepas siswa yang telah selesai
menimba ilmu di sini ... .
Salah satu bagian pembuka pidato di atas adalah peristiwa peringatan yaitu ... .

A. hari kelahiran kepala sekolah
B. hari kenaikan kelas
C. hari jadi sekolah dan perpisahan siswa
D. ulang tahun sekolah dan reuni

39. Menentukan tujuan merupakan salah satu kaidah atau elemen dasar berpidato. Yang
pasti tujuan membantu pembicara dalam ... .
A. penyampaian pesan yang mudah dipahami pendengar
B. menarik perhatian pendengar
C. menjalin kontak dengan pendengar
D. menghilangkan rasa bosan pada pendengar

40. Tidak tahu bagaimana memulai pembicaraan menjadi salah satu penyebab ... .
A. tidak adanya semangat dalam berpidato
B. kecemasan dalam komunikasi/pidato
C. pembicara tidak dapat menyatu dengan hadirin
D. suasana yang tidak terkendali

41. Metode jangka panjang dalam mengendalikan komunikasi adalah metode yang
digunakan ... .
A. dalam waktu yang singkat sesegera mungkin
B. secara berangsur-angsur melalui latihan
C. ketika seseorang belajar berpidato
D. untuk mengatasi kemarahan pendengar

42. Seorang orator dapat memiliki kredibilitas bila ia memiliki otoritas berupa
penerimaan oleh masyarakat pendengar yang disebut good sense. Good sense akan
dimiliki orator yang dibentuk oleh ... .
A. latar belakang pendidikan
B. cara berpikir yang logis
C. penerapan kejujuran
D. sikap perhatian kepada khalayak

43. Istilah kontak dalam trisila pidato dapat diartikan sebagai ... .
A. tiga hal yang harus diperhatikan dalam pidato
B. jalinan antara pembicara dan pendengar
C. penerapan hasil olah vokal ketika berpidato
D. penerapan hasil olah tubuh ketika berpidato

44. Berpakaian rapi dan sopan merupakan salah satu tip untuk memperoleh kesuksesan
dalam berpidato, alasannya adalah agar ... .
A. orator dapat berpidato dengan sikap rileks
B. suara tidak terganggu ketika berpidato
C. panitia memberikan honor yang besar
D. pendengar tertarik melihat penampilan orator

45. Konsern audiens merupakan kekuatan Obama dalam pidatonya, yaitu ... .
A. memahami jalan pikiran mereka
B. menggunakan istilah yang mengandung pesan kuat dan mendalam
C. melibatkan audiens secara emosional
D. tidak menunjukkan ketegangan dan kekhawatiran.

Judul: Soal UT Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Haiakg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon jangan sertakan link dalam komentar Anda