Soal UT Manajemen

Dengan mendownload File ini

 Anda akan mendapatkan contoh - contoh soal UT Jurusan Manajemen dari seluruh mata pelajaran, seperti :
- Pengantar Bisnis
- Pengantar Akuntansi
- Manajemen
- Hukum Komersial
- Perkembangan Peserta Didik
- Matematika Ekonomi
- dll
Klik dan download soal anda dibawah ini, dan nikmati sepuasnya.

         Soal - soal Manajemen


(Jika anda mengalami kendala saat mendownload, jangan putus asa. coba lagi sampai bisa. kalau benar - benar tidak bisa lagi didownload setelah dicoba berkali - kali, konfirmasikan kepada kami lewat nomor contact kami dibawah) 



Ini adalah salah satu contoh soal Manajemen, mata pelajaran "Perilaku Organisasi"


NAMA M.K. : PERILAKU ORGANISASI
KODE M.K. : ADPU4431
KODE NASKAH : 04


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI DENGAN 36, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!


1. Menurut Robbins, fungsi budaya adalah ....
A. mengontrol komitmen bersama dari para individualnya
B. sebagai pemisah rasa solidaritas para anggota
C. menumbuhkan rasa identitas para anggota
D. dapat menyamakan atau menggabungkan organisasi yang satu dengan lainnya



2. Unit organisasi sosial yang sangat berperan dalam pengembangan budaya seseorang
yaitu ....
A. PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga)
B. sekolah
C. UKS (Unit Kesehatan Sekolah)
D. Rukun Tetangga (RT)


3. Menurut William John Reddin, effektivitas kepemimpinan akan dapat tercapai apabila....
A. manajer berpedoman pada dimensi hubungan dalam menggerakkan bawahannya
B. manajer mampu menerapkan secara tepat efektivitas teori x dan y sesuai tingkat kematangan dan potensi bawahan
C. manajer bersandar pada dimensi tugas untuk menggerakkan orang-orang untuk mencapai tujuan
D. manajer dapat menerapkan teori hirarki kebutuhan Maslow dengan tepat
 

4. Keith Davis dan John W. Newstrom menyatakan bahwa asumsi dasar yang penting dalam memahami manusia yaitu ....
A. manusia secara utuh
B. karakter manusia
C. kesenangan manusia
D. pola hidup manusia


5. Pengertian ‘homo homini socius’ mengandung makna bahwa ....
A. manusia merupakan makhluk yang lemah dan tidak berdaya
B. manusia mampu hidup sendiri, tanpa bantuan orang lain
C. manusia memerlukan organisasi
D. manusia tidak memiliki rasa sosial kemasyarakatan



6. Aspek penting yang dipelajari dalam perilaku organisasi adalah ....
A. manajemen di dalam organisasi
B. organisasi sebagai tempat beraktivitas orang
C. perilaku manajer baik di dalam maupun di luar organisasi
D. perilaku manusia dalam organisasi


7. Perilaku yang ditunjukkan seseorang merupakan cerminan dari ....
A. nilai budaya
B. faktor biologis dan psikologis
C. sikap
D. kesadaran diri


8. Manfaat pengetahuan tentang disonansi kognitif (cognitive dissonance) adalah ....
A. membantu memprediksi kecenderungan orang untuk mengubah sikapnya
B. membantu memecahkan masalah yang dihadapi pegawai
C. membantu mengubah masalah yang ada menjadi suatu tantangan
D. menyebabkan pegawai mengetahui apa yang harus dilakukan


9. Kompromi yang dilakukan ‘ego’ merupakan salah satu mekanisme proses mental untuk
memecahkan konflik diantara ....
A. id dan ego
B. ego dan super ego
C. ego manusia sendiri
D. id dan super ego


10. Menurut Freud, unsur kepribadian manusia yang penuh dengan keinginan yang harus
segera dipuaskan yaitu ....
A. ego
B. super ego
C. id
D. id dan ego


11. Salah satu kekuatan pendorong kehidupan manusia yang lebih cenderung ke arah
kehancuran menurut Freud yaitu ....
A. instinct
B. etos
C. eros
D. thanatos


12. Manusia berusaha memenuhi terlebih dahulu kebutuhan yang paling mendesak merupakan
asumsi yang berasal dari teori ....
A. x dan y
B. hirarki kebutuhan
C. kepuasan
D. kebutuhan manusia


13. Menurut Kotter dari Heslutt, pola perilaku anggota yang terdapat pada struktur/kategori
lapisan terdalam ....
A. bersifat konkret
B. lebih mudah mengalami perubahan
C. mudah tertangkap panca indera
D. memiliki nilai-nilai yang bertahan lama


14. Edgar H. Schein menyatakan bahwa dalam kaitan antara kepemimpinan dan budaya
organisasi, suatu budaya dapat lahir disebabkan oleh ....
A. faktor pemimpin
B. dukungan masyarakat
C. faktor adat istiadat
D. faktor komunikasi antara pimpinan dan masyarakat


15. Perasaan in-group dalam organisasi yang positif yaitu ....
A. memperkuat integritas kelompok sehingga termotivasi untuk mencapai keberhasilan kelompok serta tujuan organisasi
B. munculnya seorang pimpinan dalam kelompok
C. pimpinan tidak mau mempengaruhi kelompok
D. tidak mudah terpengaruh oleh kelompok lain


16. Androgyny (androgini) merupakan konsep yang menyangkut ....
A. sikap manusia
B. jenis kelamin
C. perilaku manusia
D. kebutuhan manusia


17. Carl Rogers menyatakan bahwa perangsang yang paling penting dalam diri seseorang
yaitu ....
A. uang
B. karir yang diinginkan
C. keinginan mencapai aktualisasi diri (self actualization)
D. pendidikan yang telah diperoleh


18. Kritik terhadap pendekatan ciri (Traits Approach) yaitu ....
A. sangat dipengaruhi oleh stimulus
B. tidak memperhatikan ‘out put’ seseorang
C. teori ini merupakan teori nyata
D. kurang memperhatikan pada situasi pekerjaan


19. Faktor yang sangat mempengaruhi kepribadian seseorang menurut Gibson adalah faktor....
A. sosial dan kebudayaan
B. mental dan spiritual
C. ekonomi
D. lingkungan kerja


20. Gaya kepemimpinan kontingensi model Fiedler dapat dilihat dari ....
A. orientasi tugas dan hubungan antar pribadi
B. sikap bawahan terhadap atasan
C. tingkat kewenangan yang dimiliki pemimpin
D. kepatuhan bawahan terhadap pimpinan


21. Di bawah ini yang bukan termasuk teori yang berkaitan dengan kepuasan yaitu teori ....
A. x dan y
B. hirarki kebutuhan dari Maslow
C. dua faktor dari Herzberg
D. prestasi atau teori kebutuhan yang dipelajari dari Mc Clelland


22. Littlejohn menyatakan bahwa terdapat hubungan erat antara ....
A. sikap dan perilaku
B. pendidikan dan motivasi kerja
C. lingkungan dan perilaku
D. stimuli dan response


23. Dalam pembentukan perilaku manusia, William McDougal lebih menekankan pentingnya faktor ....
A. situasional dan sosial
B. keluarga
C. faktor personal
D. masyarakat


24. Kisi-kisi 5.5 pada model Blake dan Mouton menggambarkan ....
A. kurangnya perhatian terhadap motivasi pegawai
B. keragu-raguan manajer dalam menetapkan tujuan karyawan dan organisasi
C. keseimbangan antara perhatian terhadap produksi dan karyawan
D. manajer dapat mengambil jalan tengah jika terjadi konflik di antara karyawan

25. Gaya kepemimpinan yang sangat tergantung bawahan adalah ....
A. demokratif
B. otokratik
C. bebas
D. partisipatif


26. Yang dianggap kepemimpinan efektif adalah....
A. mampu mengharmonisasikan kepentingan seseorang dan organisasi
B. dapat memenuhi kebutuhan individu
C. mampu merencanakan tujuan dan mencapai tujuan
D. bertindak adil dan bijaksana


27. Seorang manajer juga disebut pemimpin, jika....
A. memiliki kewenangan yang tidak terbatas
B. mampu melaksanakan tugas sesuai tujuan organisasi
C. mampu menggerakkan orang sesuai keinginan dan tujuannya
D. dapat mempengaruhi kondisi internal maupun eksternal organisasi


28. Perbedaan manajer dan seorang pemimpin dapat dilihat dari ....
A. kegiatan manajer lebih luas dari pemimpin
B. kegiatan manajer lebih sempit dari pemimpin
C. kegiatan manajer sama dengan pemimpin
D. nilai-nilai dan norma yang dianut


29. Transaksi input dan out put dan tangggung jawab dalam perubahan lingkungan dilaksanakan oleh sub sistem ....
A. adaptasi
B. produksi
C. rentangan batas (boundary spanning)
D. pemeliharaan


30. Dalam sistem terbuka pada suatu organisasi, lingkungan dianggap ....
A. stabil dan tidak berubah-ubah
B. dapat diamalkan sebelumnya
C. selalu berubah dan sulit diprediksi
D. lebih mudah diatasi dan dikendalikan


31. Dalam kaitan dengan pandangan makro, maka asumsi mengenai perilaku anggota
organisasi adalah ....
A. proses interaksinya hanya mencakup internal organisasi
B. dalam berinteraksi dengan lingkungan harus memperhatikan perilaku anggotanya
C. melihat proses perilaku yang terjadi secara individu dan kelompok
D. perilaku anggota organisasi adalah sama yaitu perilaku rasional


32. Jika peran yang dilakukan oleh anggota organisasi berbeda dengan harapannya maka
akan ....
A. menimbulkan konflik dalam diri orang yang besangkutan
B. memacu semangat bekerjanya
C. merusak sistem organisasi secara keseluruhan
D. selalu terjadi hubungan yang tidak harmonis dalam organisasi


33. Hubungan formal yang terjadi dalam organisasi telah diatur seperti di bawah ini, kecuali ....
A. dalam dasar hukum pendirian organisasi
B. oleh hirarki organisasi
C. melalui hubungan anggota berdasar keahlian yang sama
D. oleh struktur organisasi


34. Salah satu elemen kunci organisasi yaitu adanya satu kesatuan sosial yang artinya ....
A. tujuan organisasi ditentukan oleh kelompok-kelompok
B. salah satu tujuan organisasi yaitu melaksanakan fungsional
C. organisasi terdiri atas orang-orang dan kelompok yang saling berinteraksi
D. keberadaan organisasi ditentukan oleh masyarakat


35. Menurut Kotter dan Heskett, budaya yang kuat ditunjukkan dengan adanya ....
A. motivasi yang muncul karena adanya kesadaran yang sangat tinggi dari para anggota
B. kecenderungan karyawan bekerja sesuai dengan kemauan pimpinan
C. aturan birokrasi serta prosedur kerja yang sangat ketat dan kaku
D. kinerja pegawai yang tidak memerlukan adanya struktur dan kontrol atas mereka


36. Menurut Robbins, yang dimaksud dengan budaya kuat adalah ....
A. semakin banyak anggota yang menerima nilai-nilai inti serta semakin besar komitmen mereka pada nilai-nilai tersebut
B. memiliki jumlah anggota yang sangat banyak, di mana mereka sangat dominan terhadap kelompok minoritas
C. didukung dengan struktur sosial yang sangat kuat sehingga tidak mudah mengalami perubahan-perubahan
D. sekelompok kecil anggota, misalnya para manajer, mendukung tujuan organisasi


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 37 SAMPAI DENGAN 38, PILIHLAH!
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN
SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN
HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 

D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!

37. Kekuasaan pribadi datang dari para pengikutnya, sebab kekuasaan pribadi bergantung pada sejauhpara pengikut menghormati, merasa senang, terikat kepada pemimpinnya.


38. Pandangan klasik menyebutkan bahwa manajer mempunyai hak dan wewenang untuk memerintah dan bawahan harus mematuhinya, sebab dalam pandangan klasik, karyawan yang tidak taat akan dipecat.


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 39 SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!


39. Ciri-ciri wewenang tradisional adalah ....
1) adanya ketentuan-ketentuan tradisional yang, mengikat pemegang wewenang
2) selama tidak ada pertentangan dengan ketentuan-ketentuan tradisional, pemegang
wewenang dapat bertindak keras
3) didasarkan atas karisma serta kelebihan yang bersifat pribadi


40. Pada masa revolusi industri di Eropa, menunjukkan ....

 1) pedoman yang paling dominan adalah pendekatan produktivitas
2) unsur manusia dalam produksi, dianggap sebagai unsur mesin
3) unsur mesin menjadi lebih dominan dibanding manusia


41. Kegagalan komunikasi dapat disebabkan ....
1) komunikator tidak mampu berbahasa dengan baik dan benar
2) media yang digunakan kurang tepat
3) pesan tidak dipahami oleh penerima


42. Yang termasuk kebutuhan sosial dan rasa memiliki dalam teori hirarki kebutuhan adalah....
1) sehat
2) kebutuhan berteman
3) interaksi


43. Unsur-unsur komunikasi dalam arti luas yaitu ....
1) pesan
2) gangguan
3) penerima


44. Di bawah ini yang merupakan faktor yang berkaitan dengan efektivitas komunikasi yaitu....
1) berperilaku satu kata dengan perbuatan
2) menekankan komunikasi tatap muka
3) menekankan komunikasi tertulis


45. Kekuasaan dapat terbentuk melalui beberapa cara, yaitu ....
1) aspek hukum yang diakui bawahan
2) adanya pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki seseorang
3) adanya kemampuan memberikan atau tidak memberikan imbalan dan hukuman



Kembali ke Halaman Utama Contoh Soal Universitas Terbuka  
Kehalaman Selanjutnya Matematika

4 komentar:

Mohon jangan sertakan link dalam komentar Anda