Soal FKIP Bahasa Inggris Non Pendas

Dengan mendownload File ini, Anda akan mendapatkan contoh - contoh Soal UT  Jurusan Bahasa Inggris NonPendas dari seluruh mata pelajaran, seperti :
- writing I, II, III
- Speaking  I, II, III
- Structure I, II 
- Introduction to Englihs Literature
- Psycolinguistic
- Discousre Analysis
- Translation
- Pengantar Pendidikan
- dll
Klik dan download soal anda dibawah ini, dan nikmati sepuasnya.
   
           Soal - soal Pendidikan Bahasa Inggris Non Pendas
    




(Jika anda mengalami kendala saat mendownload, jangan putus asa. coba lagi sampai bisa. kalau benar - benar tidak bisa lagi didownload setelah dicoba berkali - kali, konfirmasikan kepada kami lewat nomor contact kami dibawah)


Ini adalah salah satu contoh soal Bahasa Inggris Non Pendas, mata pelajaran "Semantic"

UNIVERSITAS TERBUKA
NAMA M.K. : SEMANTICS
KODE M.K. : PRIS4335
KODE NASKAH : 03
SEMANTICS (PRIS4335)

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI 80, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING
TEPAT!
1. Kajian makna kebahasaan, menurut Hurford dan Heasley (1983), disebut ....
   A. Sintaksis
   B. Semantik
   C. Pragmatik
   D. Sosiolinguistik

2. Contoh penerapan upaya menjelaskan makna kata abstrak yang menghunjuk pada benda atau obyek di luar bahasa (kata ® benda) tampak pada ....
   A. pemaknaan kata “happily”
   B. pemaknaan kata “happy”
   C. pemaknaan kata “difficulty”
   D. pemaknaan kata “Jakarta”

3. Contoh penerapan upaya menjelaskan makna kata yang berdasarkan pada pendekatan behavioris tampak  pada ....
   A. pemahaman kata “aparat” sebagai peLATIHAN keamanan
   B. identifikasi kata “pisang” sebagai bagian dari kelompok kata “pohon”
   C. analisi respons penutur dan pendengar atas ujaran “That one, please”
   D. pemahaman kata “Jakarta”

4. Kajian pemaknaan kebahasaan paling sedikit mempertimbangkan dua konsep berikut ....
   A. Sosiolinguitik dan Psikolinguistik
   B. Linguistik dan non (nir)-linguistik
   C. Fonologis dan Morfologis
   D. Konsepsi dan referensi

5. Proper nouns dalam bahasa Inggris adalah salah satu contoh pengkajian semantik dari aspek ....
   A. konsepsi
   B. referensi
   C. penamaan
   D. sense

6. “She is the sunshine of my life”. Kata sunshine dalam kalimat tadi merupakan sebuah contoh referensi yang bersifat ....
   A. denotatif
   B. konotatif
   C. kolokasional
   D. pragmatis

7. Kata “apple” yang memiliki referensi konotatif terdapat pada kalimat ....
   A. She bought her some apples
   B. His baby is the apple of his eyes
   C. Adam and Eve ate the apple
   D. No one likes a rotten apple

8. Kata “kursi” yang berarti ‘jabatan’ adalah contoh referensi ....
   A. denotatif
   B. anaforik
   C. konotatif
   D. kataforik

9. Perhatikan kalimat berikut: “We have the technology to drive you into the future”.
   Kata isi dalam kalimat tersebut antara lain ....
   A. technology, drive, future
   B. we, you, the
   C. have, technology, into
   D. drive, into, future

10. Dalam kalimat berikut: “Garuda Indonesian Airways has always offered the ultimate comfort when flying    to Europe.”  Kata-kata LATIHAN-nya antara lain ....
    A. Garuda, offered, ultimate
    B. the, when, to
    C. has, always, comfort
    D. always, ultimate, flying

11. Makna dasar yang tersirat dalam kalimat disebut ....
     A. konsepsi
     B. ujaran
     C. proposisi
     D. semantik

12. Salah satu contoh di bawah ini bukan, kalimat,
      yaitu ....
     A. The lecture so difficult to understand
     B. We perfect nature
     C. The answer is yes
     D. How foods fight cancer

13. Dalam kajian semantik, satuan tatabahasa
      yang menghadirkan sedikitnya unsur subyek
      dan predikat untuk mengungkapkan arti yang
       lengkap adalah ....
      A. tindak tutur
      B. ujaran
      C. ujaran
      D. proposisi
14. Salah satu hal yang membedakan ujaran dari kalimat adalah ujaran ....
     A. terdiri dari satu kata atau lebih
     B. dapat benar atau salah
     C. terpengaruh logat tertentu
     D. berdasarkan kaidah tatabahasa
15. Proposisi dalam kajian makna kebahasaanatau semantik adalah ....
     A. makna dasar yang terujar
     B. makna dasar yang tersurat
     C. makna dasar yang tersirat
     D. makna dasar yang terdengar

16. Dalam semantik leksikal, makna bahasa dikaji dari ....
      A. makna kata dalam suatu bahasa
      B. hubungan kata dan kaitannya dengan unsur dalam bahasa
      C. penggunaan bahasa dalam situasi tertentu
      D. kaitan unsur-unsur bahasa dalam situasi tertentu

17. Kajian semantik berbeda dari kajian pragmatik karena ....
     A. pragmatik mempertimbangkan konteks linguistik dan non-linguistik
     B. pragmatik meniadakan peran konteks non-linguistik
     C. semantik mempertimbangkan kontekslinguitik
     D. semantik meniadakan konteks nonlinguistik

18. Kata yang sama dapat berbeda maknanya apabila unsur berikut berbeda, kecuali ....
     A. konteks penggunaan bahasa
     B. struktur kalimat
     C. konteks dan ko-teks
     D. bahasanya

19. Kata “waiter” mempunyai komponen makna berikut ....
     A. [animate], [job], [human], [male], [restaurant]
     B. [inanimate], [job], [human], [restaurant], [genderless]
     C. [animate], [job], [human], [female], [restaurant]
     D. [inanimate], [job], [human], [male], [restaurant]

20. Kata “tiger” memiliki komponen makna
    A. [large] [carninivourous] [ four legged] [feline]
    B. [large] [omnivourous] [ four legged] [feline]
    C. [large] [omnivourous] [ four legged] [canine]
    D. [large] [carnivourous] [ four legged] [canine]

21. Dilihat dari segi komponen maknanya kalimat berikut dapat diterima secara semantik, kecuali ....
    A. He is pulling my leg
    B. The gingerbread jumped out of the oven
    C. My sister langhed hearsily
    D. I was wrong

22. Satuan pembeda terkecil dalam sistem makna suatu bahasa disebut ....
    A. fonem
    B. morfem
    C. leksim
    D. sinonim

23. Dari kalimat That’s a very lovely baby! Unsurunsur yang memiliki hubungan paradigmatik adalah kata-kata ....
    A. that, is dan a
    B. very, lovely dan baby
    C. very, truly, dan absolutely
    D. lovely, cheerfully, beautifully

24. Dalam hubungan paradigmatik ....
    A. kata-kata dalam unsur kalimat yang sama menunjukkan hubungan yang sejajar
    B. kata-kata dalam kalimat menunjukkan hubungan yang dapat dipertukarkan satu dengan lainnya
    C. satu kata dengan kalimat lainnya dalam kalimat menunjukkan adanya hubungan timbal balik
    D. kata-kata berhubungan menurut kaidah sintaksis

25. Sinonimi adalah contoh hubungan makna secara ....
    A. sintagmatik
    B. paradigmatik
    C. semantik
    D. sintaksis

26. Konsep kolokasi dalam kaidah semantik dikemukakan oleh ....
    A. Firth.
    B. Lyons.
    C. Fishman.
    D. Hudson.

27. Menurut kaidah semantik, kolokasi merujuk pada ....
    A. hubungan sejajar antar kata dalam suatu unsur kalimat.
    B. hubungan yang dapat dipertukarkan antar satu kata dan kata lainnya.
    C. hubungan makna antar kata yang dipengaruhi oleh konteks kalimat dan konteks penggunaan bahasa.
    D. hubungan timbal balik antara kata satu kata dengan kata lainnya dalam suatu bahasa.

28. Dalam kalimat Walking home from school, the child skipped and hopped, kata-kata yang berkolokasi antara lain ....
    A. walking dan home.
    B. school dan child.
    C. walking dan skipped.
    D. child dan hopped.

29. Kata teeth berkolokasi dengan kata-kata berikut kecuali
    A. hit.
    B. grin.
    C. bite.
    D. brush.

30. Jika memperhatikan sifat hubungannya,
kolokasi adalah hubungan makna yang
bersifat
   A. paradigmatik.
   B. sintagmatik.
   C. sintaksis.
   D. sintagmatik dan paradigmatik.

31. Semantik leksikal bergerak pada tingkat
   A. kosa kata.
   B. frasa.
   C. klausa.
   D. kalimat.

32. Kata “hunt” memiliki komponen makna
  A. [inanimate] [escaping] [wild animals].
  B. [activity] [escaping] [wild animals].
  C. [animate] [pursuing] [wild animals].
  D. [activity] [pursuing] [wild animals].

33. Kata “flight” memiliki komponen sebagai berikut kecuali
  A. transportation.
  B. animate.
  C. vehicle.
  D. mass.

34. Ciri-ciri yang terkandung dalam kata jika sikaji unsur-unsurnya dalam kaitannya dengan realitas di luar bahasa disebut
  A. word-meaning analysis.
  B. semantic field analysis.
  C. lexical analysis.
  D. componential analysis.

35. Analisis komponen makna pada umumnya mengkaji makna kata dengan menerapkan
  A. sistem homonimi.
  B. sistem biner.
  C. sistem polisemi.
  D. sistem antomini.

36. Kata adalah satuan pembeda terkecil dalam
  A. analisis fonemis.
  B. analisis sintaksis.
  C. analisis semantik.
  D. analisis semantik leksikal.

37. Makna kata bila dijelaskan berdasarkan kaitannya dengan kata lain akan menunjukkan pada
  A. sense-relation.
  B. meaning construction..
  C. meaning relation.
  D. social contruction.

38. Makna kata dapat ditentukan dengan mempertimbangkan
  A. keterkaitan antara makna kata dengan frase yang lebih luas.
  B. keterhubungan makna kata dalam satu kalimat yang utuh.
  C. keterhubungan makna kata satu dan lainnya.
  D. keterkaitan makna kata dengan kalimat secara keseluruhan.
39. Komponen makna kata “mother” tercermin dalam
  A. cold, warm, hot.
  B. sit, chair, cushion.
  C. animate, married, female.
   D. house, hit, room.
40. Konsep hubungan paradigmatik dan sintagmatik berakar dari aliran struktural yang dipelopori oleh
  A. Malinowski.
  B. de Saussure.
  C. Sapir.
  D. Piaget.

41. Hubungan yang sejajar antar kata dalam suatu unsur kalimat yang sama disebut ....
  A. hubungan sintaksis
  B. hubungan relasional
  C. hubungan sintagmatik
  D. hubungan paradigmatik

42. “Someone is knocking the door” kata “knock” berkalokasi dengan ....
  A. dor
  B. on
  C. is
  D. someone

43. Penggambaran realitas dengan mengelompokkan makna kata disebut ....
  A. set
  B. kolokasi
  C. medan makna
  D. kumpulan makna

44. Dalam bahasa Inggris, kata “Widower” dapat dijelaskan dalam kaitannya dengan kata lain, misalnya ....
  A. not married
  B. divorced
  C. alone
  D. lonely

45. Hubungan kata yang sejajar dalam suatu unsur yang sama disebut hubungan
  A. kolokasi
  B. referensi
  C. paradigmatik
  D. sintagmatik

46. Pada frosa “huge building” dan “big building” terdapat keterkaitan antara kata “huge” dan “bag” dengan kata “buildeng”. Hubungan seperti itu adalah hubungan
  A. paradigmatik
  B. sintagmatik
  C. semantik
  D. pragmatik

47. Perhatikan skema di bawah ini They have been such wonderful « students ½ dilligent ½ inguisitive
Hubungan paradigmatik terdapat antara kata
  A. such and students
  B. they and wonderful
  C. wonderful and inguisitive
  D. been and such

48. Mempertautkan ciri suatu kata dengan kata lainnya menunjukkan adanya hubungan ....
  A. paradigmatik
  B. sintagmatik
  C. referensi
  D. kolokasi

49. Kata “nose” akan berkolokasi dengan katakata berikut, kecuali ....
  A. swallow
  B. runny
  C. sneeze
  D. smell

50. Dalam hubungan sintagmatik, pertautan ciri kata dengan kata lainnya disebut
   A. referensi
   B. kolokasi
   C. set
   D. medan makna

51. Kata “point” berkolokasi dengan kata berikut kecuali
   A. brush
   B. wall
   C. tooth
   D. color

52. Contoh penerapan upaya menjelaskan makna kata yang menghunjuk pada benda atau obyek konkrit di luar bahasa (kata ® benda) tampak pada
   A. pemaknaan kata “melati”
   B. pemaknaan kata “happy”
   C. pemaknaan kata “cinta”
   D. pemaknaan kata “liberal”

53. “Lady Diana is a candle in the wind”. memiliki referensi
   A. pragmatis
   B. kolokasional
   C. konotatif
   D. denotatif

54. Sapi adalah binatang memamah biak, berkaki empat, dan penghasil susu. Contoh di atas menggambarkan makna
   A. proposisi
   B. referensi
   C. konotatif
   D. denotatif

55. Perhatikan kalimat di bawah ini: “Dia di tempat yang basah”. Makna kata “basah” pada kalimat di atas
adalah makna ....
  A. konotatif
  B. denotatif
  C. proposisi
  D. pragmatis

56. Dalam mengkaji makna kebahasaan satuankalimat harus menghadirkan unsur minimal berupa .... untuk mengungkapkan arti yang lengkap
  A. fonem dan morfem
  B. subyek dan predikat
  C. frase dan klausa
  D. noun dan adjective

57. Logat daerah tertentu dapat menjadi faktor yang membedakan ....
  A. kaidah tatabahasa
  B. benar atau salah
  C. urutan kata
  D. ujaran dari kalimat

58. Content words dalam bahasa Inggris termasuk contoh pengkajian semantik dari aspek ....
  A. sense
  B. penamaan
  C. konsepsi
  D. referensi

59. Salah satu konsepsi makna seperti yang dikemukakan Sgotal adalah ....
  A. kata ® benda
  B. kata ® stimulus ® respons
  C. kata ® benda ® konsep
  D. kata ® konsep ® respons

60. Aspek linguistik adalah salah satu aspek yang harus dipertimbangkan dalam kajian semantik. Selain itu ada satu aspek lain yaitu ....
  A. fonologis
  B. morfologis
  C. sintaksis
  D. non-linguistik

61. Kecenderungan peniadaan peran konteks dalam pemaknaan bahasa sering disebabkan oleh pendapat bahwa ....
  A. makna kalimat tiidak terpengaruh oleh konteks
  B. tata bahasa dapat disesuaikan dengan konteks
  C. struktur kalimat tidak tergantung pada konteks
  D. tidak ada jawaban yang benar

62. Kajian makna bahasa tidak dapat menafikan konteks budaya terutama karena ....
  A. bahasa tidak terkait pada budaya
  B. bahasa adalah pendukung perkembangan budaya
  C. bahasa adalah bagian dari budaya
  D. bahasa dan budaya adalah dua hal yang sama
63. Malinowski mengemukakan pendapat bahwa penamaan benda dipengaruhi oleh ....
  A. penutur
  B. budaya
  C. tata bahasa
  D. pendengar

64. Bagi seseorang dari negara empat musim seperti Inggris akan ada kecenderungan untuk mengaitkan kata   “kelapa” dengan kata-kata berikut, kecuali ....
  A. pantai
  B. laut
  C. berjemur
  D. rendang

65. “After the pupils have completed Exercise A, let several read their explanations”. Kata-kata LATIHANnya dalam kalimat di atas antara lain adalah
  A. after, pupils
  B. after, several
  C. have, the
  D. let, exercise

66. Kata isi dalam kalimat “I am free to aspire to think beyond convention to let my ideas take shape” antara lain
  A. free, beyond, to
  B. aspire, beyond, let
  C. am, to, shape
  D. am, beyond, my

67. Kalimat “The boy saw the man with a telescope” menyiratkan makna ganda karena
  A. Artikel “a” dalam “with a telescope” tidak tepat.
  B. Frase “with a telescope” dapat mengacu pada “the man” atau “the boy”.
  C. Artikel “the” dapat membingungkan arti.
  D. Frase “the man” seharusnya memahami “a”.
68. Cara berpikir penutur bahasa dapat dipengaruhi oleh bahasa yang ia pergunakan. Pandangan ini disebut ..
  A. relativitas budaya
  B. relativitas bahasa
  C. kesemestaan budaya
  D. kesemestaan bahasa

69. Penamaan benda tidak sama karena bergantung pada cara setiap individu melakukannya. Hal ini menunjukkan adanya
  A. kaidah bahasa
  B. pengaruh konteks bahasa
  C. perbedaan adat
  D. kecerdasan pengguna bahasa

70. Semantik mengkaji bahasa dari sisi ....
  A. bunyi
  B. kata
  C. kalimat
  D. makna

71. Kata fall dalam kalimat “The leaves fall to the ground” menunjukkan hubungan
  A. sinomini
  B. homonimi
  C. antomini
  D. kolokasi

72. Medan makna dapat dijabarkan sebagai
 A. keterkaitan makna kata dalam kajian semantik leksikal
 B. pembatasan keterhubungan kata
 C. pengelompokkan kata-kata ke dalam sistem yang menunjukan keterkaitan antara kata itu
 D. bentuk kolokasi berdasarkan makna

73. Medan makna, menurut Trier (dalam Lyons,1977), terjadi karena ....
 A. makna menggambarkan realitas dalam alam semesta
 B. kata merupakan sistem yang terkait oleh makna
 C. perubahan bahasa
 D. pertautan kata dalam kalimat

74. Komponen makna membatasi kemungkinan kolokasi karena ....
 A. kata mempunyai hubungan setara
 B. ada unsur makna yang melekat pada kata yang membentuk meda makna
 C. kata-kata sangat dipengaruhi oleh penggunaan bahasa
 D. kata-kata memiliki hubungan yang paradigmatik
75. Komponen makna berikut ini: [furniture], [used for sitting], [has back&arms], [long] paling tepat terkandung dalam kata ....
 A. bed.
 B. chair.
 C. table.
 D. sofa.

76. Menurut teori Relativitas Bahasa cara berpikir dipengaruhi oleh
 A. penutur
 B. pendengar
 C. bahasa
 D. budaya

77. Kalimat “Did he rally hit the man with a stick?”
 A. makna tunggal
 B. makna ganda
 C. makna rancu
 D. konteks tunggal

78. Teori Relativitas Bahasa dikemukakan oleh
 A. Whorf dan Sapir.
 B. Bloomfield.
 C. Fishman dan Firth.
 D. Malinowski.

79. “Penamaan benda atau obyek dalam suatu bahasa dipengaruhi oleh budaya pemakai bahasa itu”. Pernyataan ini dikemukakan oleh
 A. Malinowski
 B. Whorf
 C. Sapir
 D. Piaget

80. Perhatikan ketiga kalimat ini:
(1) On the wall hung a picture
(2) Look at her!
(3) To make wood smooth is called a plane.
Yang bukan kalimat adalah
A. (1).
B. (2).
C. (3).
D. (1), (2), dan (3)


Kembali ke Halaman Utama Contoh Soal Universitas Terbuka
Kehalaman Selanjutnya PGSD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon jangan sertakan link dalam komentar Anda